Dua Tahun Terlena

Menikmati indahnya kampus ini, Padjadjaran. Bertempat di Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Enam belas fakultas yang begitu lengkap mulai dari teknik, kesehatan, sosial, ekonomi, bisnis, hukum, dan sains. Kecamatan yang kecil ini lumayan dekat dengan Kota Bandung. Dengan fasilitas yang begitu mewah mulai dari internet dengan kapasitas WIFI yang begitu dahsyat, ruangan kelas yang begitu nyaman, fasilitas olahraga yang sangat memadai, dan banyak lagi yang bisa kita nikmati dari kampus Padjadjaran ini.

Dua tahun terlena dengan rasa nyamannya menjalani perkuliahan dan kehidupan organisasi mulai dari pagi hingga pagi lagi. Menjalani rutinitas tanpa memperhatikan lingkungan sekitar bahwa banyak yang harus kita sadari bahwa kita tidak hanya hidup sebagai mahasiswa yang hanya bisa belajar dan menjalani kehidupan organisasi yang hanya berdampak kepada diri kita sendiri.

Mahasiswa yang diagung-agungkan sebagai agen perubahan saat saya memulai menjadi mahasiswa. Dua tahun terlena dengan kehidupan sebagai mahasiswa ini. Sekaranglah saatnya kita beraksi untuk lingkungan kita sekitar terutama Jatinangor. Daerah bertempat berdirinya banyak kampus ini dan singgahnya banyak mahasiswa. Barangkali saya terlambat untuk menyadari ini semua daripada mahasiswa yang lain. Tapi alhamdulillah tersadarkan. Dan semoga tetap istiqamah. Cisaladah, salah satu desa yang ada bersiap untuk kita jalani bersama untuk kedepannya. Sebelum kita berbagi ke bangsa yang begtiu luas ini.

Sebenarnya pada tahun 2015 sudah mulai timbul karakter ini, tapi itu semua belum mencapai lubuk hati yang terdalam, program Bina Desa yang kita jalani tahun kemaren. Setidaknya pada tahun itu saya telah mencobanya dan beruntung berada di posisi itu. Bersyukur tanpa henti-hentinya atas nikmat yang telah diberikan oleh Yang Maha Kuasa. 

Dan sekarang kita menjalaninya hampir setiap hari. Dua jam akan kita habiskan bersama mereka. Program pembinaan dan kaderisasi akan siap kami terapkan terutama dalam bidang agama yang menjadi pegangan utama dalam kehidupan ini. Pembinaan dari kecil itu sangat menentukan arahan masa depan kita nantinya.

Jiwa ini makin hari ke hari mulai menjarah ke dunia sosial terutama kepemudaan dan lebih tepatnya pembinaan kepada anak-anak.Apakah ini bakat yang saya punya? Lalu bagaimana dengan kecintaanku terhadap dunia sains terutama matematika yang telah saya tekuni dari masa kecil? Atau apakah ini aplikasi yang saya terapkan dalam proses pembelajaran yang saya tekuni sampai sekarang? Ini semua harus bisa saya kombinasikan dengan baik sehingga menjadi kolaborasi yang  nyata dari hati dan akal untuk Indoensia yang bermartabat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Korupsi? Kita lawan dengan Pendidikan Antikorupsi

Discuss with CEO on top

Pergi ke Desa