Aku dan Lingkunganku


Aku memiliki sifat yang unik. Ada kesamaan dengan orang lain dan ada pula perbedaannya. Inilah kehendak Allah SWT dalam bertindak terhadap hamba-Nya. Aku bersyukur dengan situasi dan kondisi seperti ini. Tentunya banyak yang belum seberuntung aku sekarang. Apakah mereka semua bisa makan? Kalau bksa, apakah enak? Wallahualam

Lingkunganku. Tentunya sangat beragam. Ada yang sesuai dan ada pula yang tidak sesuai. Mau tak mau aku harus menyesuaikan dengan lingkungan tersebut. Tapi ada juga yang memilih untuk tidak bergabung dengan lingkungan tersebut.

Ada yang bisa mewarnai lingkungan tdrsebut. Ada pula yang terwarnai dengan lingkungan tersebut. Terlepaa lingkungan itu baik atau buruk. Dan lingkungan itu baik atau buruk bagi dirinya. Hidup adalah pilihan. Mari tentukan pilihan. Karena yang terbaik bagi dirimu ya dirimu sendiri. Intervensi orang lain pun hanyaslah bersifat saran. Jika baik maka ambillah, jka buruk maka tinggalkanlah.

Ada yang namanya respect. Bagi saya ada 3 hal yakni, respect to the people, time, and system. 3 hal inilah kunci kehidupan bagi kita semua. People merupakan bagi kita sebagai makhluk sosial tentunya harus bisa menghargai dan toleransi terhadap orang lain. Saling memberi dan menghornati. Tapi ingat pula dengan diri sendiri. System merupakan pengikat bagi kita semua agar hidup ini menjadi teratur dan terarah tujuan hidupnya. Perlu ada kaidah-kaidah yang harus kita sepakati bersama dan kita taati secara bersama. Time adalah bom yang akan meledak di suatu saat dan dia akan berputar secara terus menerus dan kita akan kaget pada saat dia akan datang. Jadi persiapkanlah dengan baik apa yang akan engkau rencanakan dan gapai. Tapi tidak ada kata terlambat. Tapi lebih baik mempersiapkan dan merencanakan dengan baik.

*fail to plan same with plan to fail*

Kesimpuan yang bisa kita ambil bersama

1. Aku adalah makhluk unik yang diciptakan oleh Allah SWT
2. Bersyukur dengan situasi dan kondisi ini
3. Ketika lingkungan kita kurang baik, maka ubah dan ingatlan dengan cara baik-baik
4. Siap mewarnai lingkungan yang ada ke arah yang lebih baik
5. Jangan terpengaruh dengan satu orang sekaligus jangan pula mengabaikan satu orang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Korupsi? Kita lawan dengan Pendidikan Antikorupsi

Discuss with CEO on top

Pergi ke Desa